Tipe Alat Berat Untuk Project Pengaspalan

Jalan menjadi suatu akses yang amat penting dalam pergerakan ekonomi sebuah daerah untuk memudahkan kegiatan ekonomi. Meski demikian masih banyak jalan di Indonesia yang masih perlu memperolehperbaikan.
Dalam pembuatan jalan raya yang cocok dengan standart dari dinas pekerjaan umum yang memang mengurusi masalah jalan yang ada di Indonesia membutuhkan beberapa alat berat untuk membantulancarnya pekerjaan.
Alat berat yang digunakan pun beragam guna meciptakan jalan yang bagus dan awet sehingga tidak mudah amblas dan berlubang ketika musim hujan datang. Sehingga menekan angka kecelakaaan akibat jalan yang berlubang.
Jalan yang ada di Indonesia kebanyakan menggunakan material asphalt . Hal ini dikarenakan material asphalt diklaim lebih cocok untuk jenis jalan yang ada di Indonesia meskipun ada beberapa jalan yang menggunakan material cor.

Tipe Alat Berat Untuk Pengaspalan dan Fungsinya
1. Motor Grader

Motor grader sendiri adalah alat berat yang berguna sebagai alat perata jalan yang biasanya dipakai untuk meratakan dan membentuk lapisan tanah yang belum rata sebelum material asphalt dituangkan.

Alat ini sangat dibutuhkan oleh pekerja proyek dijalan karena dengan alat berat ini bisa mempercepat waktu pengerjaaan jalan dan juga efisiensi modal jika dikerjakan secara manual.

Motor grader sangat cocok untuk meratakan permukaan jalan yang berbatu tajam dan tidak rata yang mana sangat sulit diratakan jika dengan cara manual seperti menggunakan cangkul dan sejenisnya.

2. Asphalt Finisher
Setelah lapisan pondasi jalan sudah diratakan dengan memakai alat berat Motor Grader maka alat berat yang digunakan selanjutnya adalah Asphalt Finisher yang mempunyai fungsi untuk menghamparkanasphalt pada jalan yang mana material asphalt telah dipanaskan terlebih dahulu agar cair dan mudah untuk diratakan.
3. Double Drum Roller

Pasti Anda pernah melihat alat berat ini sewaktu ada proyek pembetulan jalan raya yang sering berlangsung pada saat menjelang waktu mudik lebaran atau pengerjaan jalan TOL (jalur bebas hambatan).
Setelah material asphalt berhasil dihamparkan dengan elevasi jalan raya yang telah diukur memakai alat berat. Maka selanjutnya Alat berat Double drum roller berfungsi untuk digunakan untuk memadatkan asphalt hasil pelebaran oleh asphalt finisher.

Material asphalt yang sebelumnya telah disebar dan masih panas harus buru-buru diratakan sesuai dengan ukuran ketebalan asphalt yang ditentukan. Ini penting dilakukan karena jika diratakan waktu posisi asphalt sudah dingin maka akan sangat sulit.

Ini karena material asphalt sudah dingin akan menjadi keras sehingga sulit untuk dipadatkan. Tak jarang pada saat proses ini tengah berlangsung permukaan jalan tidak bisa dilewati untuk menjaga kepadatan asphalt dan kekuatan lapisan jalan sehingga jalan tidak gampang berlubang.

4. Peneumatic Roller
Peneumatic Roller merupakan alat berat yang biasa dikenal dengan nama “universal compactor” yang merupakan pengilan dengan memiliki ciri khusus memiliki “kneading effect” yang bisa menekan material asphalt untuk lebih padat dan rata.

Peneumatic Roller sangat tidak direkomendasikan untuk mengilas jalan yang belum rata seperti jalanan yang memiliki kontur jalan berbatu tajam yang akan mengakibatkan rusak pada partisi roda.

Apabila anda memerlukan sebuah jasa pengiriman alat berat ke kalimantan dengan biaya kirim alat berat murah serta bergaransi maka anda dapat menghubungi Cargonesia Express !