Studi Pemanfaatan Majas Dengan cara Enteng serta Benar

Utk beroleh kondisi atau resiko imajinatif ditengah penuturan, sebagian memanfaatkan type bhs khusus yg dimaksud dengan majas. Majas merupakan diantara satu type bhs yg nyata-nyatanya tambah banyak dijumpai dalam karya sastra khususnya andaikan kita belajar Bhs Indonesia. Biar dapat membuahkan arti yg persis, kita mesti pahami bagaimanakah cara yg benar utk menggunakan. Dalam pembagiannya, terdapat banyak model type bhs yg dapat kita studi. Ada yg dimaksud majas perbandingan, majas penegasan, majas sindiran serta pertentangan. Mari kita kaji untuk beberapa umumnya perihal tiap-tiap model type bhs itu.

Utk model perbandingan, yaitu type bhs yg dimanfaatkan utk memperbandingkan suatu hal yg kebanyakan memanfaatkan kata kias. Menjadi contoh, andaikan type bhs asosiasi atau perumpaan, kita dapat memanfaatkan makna sebagaimana berikut ; pipinya merah bak bunga mawar lantaran malu. Contoh itu menjadi contoh perbandingan dari type bhs asosiasi yg termasuk juga dalam perbandingan. Dan andaikan kita membicarakan type bhs penegasan, tujuannya merupakan utk menambah kesan dari pesan yg diungkapkan. Menjadi contoh repetisi yg umum dimanfaatkan utk hal penegasan sebagaimana berikut ; beliau merupakan pahlawanku, beliau panutanku, beliau merupakan ibuku. Contoh ini umum dimanfaatkan dalam puisi buat membuahkan arti sendiri dalam soal penegasan dari pesan yg diungkapkan.

Utk type bhs sindiran, dapat didapati perumpamaannya merupakan ironi. Ironi ini dimanfaatkan utk mengatakan sindiran akan tetapi dengan kata yg bertentangan. Semisal dapat kita ambillah contoh sebagaimana berikut ; rajin sekali anak gadis ini maka dia belum lama bangun jam 9 pagi. Arti dari contoh itu terang sekali sindiran maka ditampakkan dengan type bhs ironi dengan kata yg bertentangan. Dan utk type bhs pertentangan dapat dimanfaatkan utk beri maksud yg bertentangan akan tetapi dengan kiasan utk menambah kesan kepada pendengar. Menjadi contoh ; mampirlah ke rumahku yg seperti gubuk ini, mudah-mudahan anda nyaman utk tinggal di sini dengan layanan seadanya. Contoh ini merupakan type bhs pertentangan yg umum dimaksud dengan Majas litotes. Type bhs ini memiliki tujuan utk merendahkan diri.