Scuto: Ganti Ban Gak Ribet Kok

scuto laminating

Pada kesempatan ini, Scuto ingin berbagi tips seputar cara mengganti ban yang benar. Mungkin ada saatnya dalam hidup Anda di mana Anda harus mengganti ban mobil Anda. Banyak orang tidak dapat melakukan tugas ini karena mereka tidak pernah diajari bagaimana caranya. Berikut adalah tutorial sederhana tentang cara mengganti ban dengan aman dan efisien.

Sebelum Anda melakukan apapun, pastikan Anda memiliki semua alat yang diperlukan. Alat-alat yang bisa digunakan untuk membantu Anda mengganti ban mencakup kunci roda, dongkrak, ban serep dan buku manual. Buku manual penting karena setiap mobil (apalagi mobil mewah) memiliki tata cara yang berbeda dalam hal mengganti ban.

scuto

Hal pertama yang harus Anda lakukan sewaktu ban kempes saat mobil sedang bergerak ialah mengemudi dengan sangat hati-hati. Jangan tiba-tiba rem atau banting stir karena bisa merusak roda Anda dan membahayakan laju kendaraan Anda. Kurangi kecepatan secara perlahan dan berhenti di tempat yang aman.

Begitu Anda berhenti di tempat yang aman, pasang rem tangan untuk mencegah mobil bergerak saat Anda mengganti ban. Jangan sampai lupa, karena bisa jadi mobil Anda akan meluncur sendiri jika permukaan tidak rata.

Sebaiknya pasang ganjalan pada bagian belakang dan di depan ban. Tentunya letakan ganjalan pada ban yang tidak diganti untuk mencegah mobil bergerak.

Sekarang Anda dapat melepaskan dop roda sehingga baut bisa dilonggarkan. Ingat, longgarkan saja bautnya dan tidak perlu dilepas.

Saat memasang dongkrak di bawah mobil, tempat terbaik untuk meletakkannya sedekat mungkin dengan ban kempes, di sepanjang tepi bodi mobil dengan dudukan yang kokoh. Mobil Anda harus lima belas sentimeter dari tanah. Setelah didongkrak, baut yang sudah longgar tadi bisa Anda lepaskan.

Untuk melonggarkan baut ban, gunakan kunci roda dan putar berlawanan arah jarum jam. Setelah baut lepas, tarik ban ke arah dada Anda secara perlahan.

Ban yang bermasalah kini sudah telepas dan saatnya untuk memasang ban baru ke mobil Anda. Sejajarkan ban dengan roda dan baut pengunci agar sesuai dengan benar. Pasang baut kembali. Baut hanya terpasang hinga putaran terdalam tapi belum dikencangkan. Setelah mobil diturunkan, kencangkan baut roda sekuat-kuatnya.Kemudian pasang dop jika ada.

Jangan lupa membeli ban baru atau menambal ban yang bermasalah sedini mungkin, sebab tidak disarankan berkendara tanpa ban serep. Ban kempes bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu pastikan ban serep tersedia di mobil Anda. Sumber: http://www.scutolaminating.com/