Kiat Sukses Membuka Usaha Jual Sapi Qurban 2017 yang Bisa Anda Coba

Berinvestasi pada hewan ternak cukup menjanjikan namun diperlukan usaha yang besar karena Anda harus menjaga agar hewan tersebut misalnya sapi tetap hidup dan sehat tanpa ada masalah apapun sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Jika Anda hendak bangun bisnis jual sapi qurban 2017terdapat beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan terlebih dahulu.

 

Pertama adalah ketahui terlebih dahulu dasar dan ilmu mengenai hewan kurban. Misalnya jika Anda akan berbisnis sapi kurban, ketahui jika batas umur sapi minimal adalah 2 tahun serta masuk umur 3 tahun. Selain itu Anda juga harus tahu mengenai tata cara merawat dan memelihara sapi dengan benar serta mengenai penyakit sapi yang harus dihindari misalnya antraks sehingga nantinya saat sapi Anda dijual untuk hewan kurban, sapi tersebut memiliki harga yang tinggi dan tidak membahayakan orang lain terutama yang mengkonsumsinya.

 

Kedua adalah memilih hewan kurban. Jenis hewan kurban yang hendak Anda jadikan investasi untuk nantinya bisa Anda jual kembali saat menjelang Idul Adha berpengaruh pada modal yang harus Anda persiapkan untuk memulai bisnis tersebut. Jika Anda hanya memiliki modal sebesar Rp 10-20 juta, maka Anda sebaiknya memilih kambing namun jika Anda memiliki modal sekitar Rp 30-50 juta Anda bisa membeli sapi dengan kisaran harga Rp 9-10 jutaan. Jika modalnya lebih dari Rp 50 juta, Anda bisa membeli kambing atau sapi untuk investasi hewan ternak untuk kurban.

 

Ketiga adalah membeli hewan jauh-jauh hari. Hewan kurban seperti sapi memiliki harga yang lebih rendah jika dibeli jauh hari sebelum Idul Adha dibandingkan dengan harga jual sesaat seperti 1 bulan sebelum Idul Adha. Hal tersebut disebabkan karena jika permintaan semakin tinggi maka harga juga akan semakin mahal. Sehingga usahakan Anda sudah membeli sapi minimal 2-3 bulan sebelum Idul Adha. Jika dibandingkan, harga sapi yang dibeli 2-3 bulan sebelum Idul Adha memiliki harga yang lebih murah hingga sekitar Rp 4 jutaan.

 

Kiat selanjutnya untuk memulai bisnis sapi kurban yaitu:

 

  • Membeli sapi tersebut langsung dari peternak. Hal tersebut disebabkan karena sapi yang dibeli langsung dari peternak memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan sapi yang dibeli dari perantara.
  • Beli hewan kurban menggunakan sistem timbang agar bisa meminimalisir resiko kerugian karena Anda belum bisa untuk menafsir harga hewan kurban. Sedangkan sistem jogrok bisa Anda gunakan saat Anda sudah ahli dalam menentukan tafsiran harga sehingga keuntungan yang Anda peroleh juga akan semakin tinggi.
  • Jangan lupa untuk promosi, bisa menggunakan media sosial atau langsung menawarkan ke orang atau takmir masjid yang bertugas untuk mencari hewan kurban sehingga Anda bisa menjual sapi kurban yang dimiliki sesuai dengan target.