4 Kandungan Gizi Sehat di Dalam Ampela Ayam

Datadokter – Jeroan memang lezat disantap di dalam menu sop, soto, atau kudapan yang digoreng. Untuk masyarakat Indonesia sendiri, jeroan seperti ampela ayam sering kali diolah menjadi makanan yang lezat. Tapi, makanan ini lebih sering kali ditakuti sebab mempunyai kadar kolesterol yang tinggi. Segera, apakah ampela ayam cuma mengandung kolesterol? Bagaimana dengan gizi yang lain? Cari tahu fakta mengenai ampela ayam di tulisan ini.

menurut info kesehatan, Kandungan gizi di dalam ampela ayam
Ragam-ragam makanan dari jeroan lazimnya mempunyai kandungan senyawa purin yang tinggi. Jeroan sendiri yakni sebutan lain untuk organ internal binatang potong yang bisa dimakan manusia, mencakup ayam, bebek, kambing, dan sapi. Organ internal yang dimaksud dapat berupa otak, hati, kelenjar timus, pankreas, dan ginjal.

Nah, ada banyak komponen dari ayam yang dapat Anda makan, salah satu di antaranya yakni komponen ampela. Komponen ini lazimnya ‘sepaket’ dengan komponen hati dan jantung. Kebanyakan orang juga memasarkannya dalam satu paket, hati dan ampela ayam. Apa saja gizi yang terkandung daam ampela ayam? Berikut ulasannya.

1. Rendah lemak dan rendah sodium

Sama seperti komponen ayam lainnya, ampela ayam mempunyai banyak kandungan gizi dan juga rasa yang betul-betul lezat, tak cuma mengandung kolesterol. Ampela ayam sesungguhnya mempunyai kandungan rendah lemak dan juga rendah sodium sebab tiap porsi 4 ons ampela ayam cuma mengandung 2,34 gram lemak, 78 miligram sodium, dan 107 kalori.

2. Zat besi

Tak cuma itu, ampela ayam mempunyai kandungan zat besi yang betul-betul tinggi. Di tiap 4 ons ampela ayam mengandung hampir 3 miligram zat besi. Jumlah ini lebih dari 35 persen dari jumlah yang direkomendasikan untuk laki-laki dan perempuan berusia di atas 51 tahun, dan jumlahnya hampir 16 persen dari jumlah yang direkomendasikan untuk wanita berusia di bawah 51 tahun.

Institute of Medicine memberi saran antara 8 dan 18 miligram besi per hari untuk pria dan wanita dewasa. Zat besi betul-betul dibutuhkan untuk menciptakan sel darah serta hemoglobin dan mioglobin, dua protein yang berfungsi  membawa oksigen ke segala tubuh Anda.

3. Niacin (Vitamin B3)

Niacin lebih diketahui dengan sebutan vitamin B3. Apa pentingnya vitamin B3? Niacin atau vitamin B3 menolong Anda menjaga kesehatan rambut, kulit, hati dan mata sekalian mendorong metode kekebalan tubuh Anda. Asupan harian vitamin B3 yang disarankan yakni 16 miligram untuk pria dewasa, 14 miligram untuk wanita dewasa, 18 miligram untuk wanita hamil dan 17 miligram untuk wanita menyusui.

Tiap 4 ons ampela ayam, mengandung  4 miligram niacin, jumlah ini hampir memenuhi 23 persen dan 30 persen angka kecukupan nutrisi untuk pria dan wanita dewasa.

4. Riboflavin (Vitamin B2)

Riboflavin atau yang lazim diketahui sebagai vitamin B2 berperan sebagai antioksidan natural yang bisa melindungi tubuh Anda dari kerusakan pengaruh radikal bebas. Dalam tiap 4 ons ampela mengandung 0,262 miligram riboflavin. Asupan riboflavin harian yang disarankan yakni 1,3 miligram untuk pria, 1,1 miligram untuk wanita, 1,4 miligram untuk wanita hamil dan 1,6 miligram untuk wanita menyusui.

Bahaya makan ampela ayam terlalu banyak
Ingat, Anda konsisten sepatutnya batasi mengkonsumsi jeroan menjadi porsi mini atau kurang dari 85 g sekali dalam sebulan. Ampela ayam juga mengandung 272 miligram kolesterol, angka ini hampir mendekati jumlah optimal asupan kolesterol yang direkomendasikan oleh American Heart Association ialah 300 miligram per hari. Bagi orang dewasa dengan riwayat penyakit jantung, asupan yang direkomendasikan yakni 200 miligram per hari.