Kerajinan Bedug Kediri Diminati Pasar Nasional

Herman menambahkan ia akan memberikan sangsi tegas terhadap anggotanya yang terlibat. Hingga saat ini polisi masih merahasiakan nama oknum anggota polda yang terlibat tetapi dipastikan oknum tersebutmerupakan perwira menengah di jajaran puskopol polda jatim.

Sementara itu kapolwil kediri kombespol lalu suprapta membantah bila kasus pabrik pupuk palsu tersebut ditutup- tutupi karena baru terbongkar setelah tiga tahun beroperasi. Anggota polisi nganjuk merasa takut mengungkap kasus tersebut karena dibekengi oknum anggota polda jatim. Setelah mendapat atensi bandara Kediri barulah kasus ini terbongkar.

Akibat ketatnya peraturan pemerintah tentang penebangan hutan atau ilegal logging sejumlah pengerajin bedhug di desa mondo kecamatan mojo kabupaten kediri jawa timur mengaku kesulitan mendapatkan kayu trembesi sebagai bahan baku.

Muksin pengerajin bedhug yang telah menekuni usaha itu sejak tahun 1987 mengaku sering kesulitan mendapatkan kayu trembesi untuk membuat bedhug . Hal itu dikarenakan ketatnya penjagaan aparat keamanan terhadap penjualan kayu trembesi yang biasa diperjualbelikan dengan bebas.

Akibatnya ia terpaksa menaikkan harga jual bedhug mengingat semakin sulitnya mendapatkan bahan baku. Untuk bedhug berdiameter 60 sampai 180 centi meter muksin menjualnya dengan harga satu setengah juta rupiah hingga tiga puluh lima juta rupiah . Padahal sebelumnya ia menjual bedhug-bedhug itu mulai 700 ribu rupiah.

Hal itu berdampak pada menurunnya jumlah pesanan yang datang dari luar kota maupun manca negara. Seperti halnya permintaan dari bali surabaya kalimantan dan spanyol saat ini lumpuh sama sekali.

Selain itu ia berharap pemerintah bersedia memberikan bantuan modal untuk mengembangkan usahanya. Selama ini dengan dana yang pas-pasan muksin masih menjual karyanya dengan cara konvensional.

Sedikitnya 3 ribu ekor burung puyuh di kediri jawa timur dimusnahkan dengan cara dibakar. Ribuan burung puyuh tersebut positif terjangkit virus avian influenza atau flu burung.

Ribuan burung puyuh yang dimusnahkan milik nahrowi peternak di desa sumberejo kecamatan gampengrejo kabupaten kediri . Pemusnahan dilakukan cara dibakar. Burung puyuh yang dimusnhakan bukan saja yang sudah mati tapi juga yang masih hidup.

Nahrowi mengatakan sejak seminggu terakhir ternak puyuhnya banyak yang mati mendadak. Dalam satu hari lebih dari 100 ekor puyuhnya tiba-tiba mati.