Tips Agar Menyenangkan di Hari Pertama Kerja Anda

Mendapat pekerjaan adalah pengalaman yang tak terlupakan dan menggembirakan, terlebih bagi Anda yang baru pertama kali memasuki dunia kerja.

Anda mungkin akan menceritakannya ke orang tua, teman-teman, atau kerabat. Tak hanya itu, Anda mungkin berjingkrak sendiri di kamar setelah mengucapkan rasa syukur.

Tapi apa yang harus Anda lakukan saat hari pertama kerja? Apakah Anda pernah khawatir menghadapi hari pertama kerja?

Santai saja. Hari pertama kerja di tempat baru adalah pengalaman yang menyenangkan. Berikut merupakan beberapa tips menjalaninya.

1. Menemui atasan langsung
Karyawan baru biasanya tak langsung bekerja. Oleh karenanya,hal yang harus dilakukan pertama kali adalah menemui langsung atasan Anda. Jika Anda menemui atasan langsung, Anda akan mendapatkan kesan:
1. Menunjukkan rasa hormat terhadap atasan langsung yang berperan besar menerima Anda
2. Bisa mengenal atasan secara lebih dekat sehingga bisa lebih mudah menjalin komunikasi
3. Bisa bertanya langsung tentang tugas dan tantangan yang akan Anda kerjakan
4. Bisa bertanya tentang peraturan perusahaan
5. Bisa bertanya mengenai pengalaman-pengalaman atasan Anda yang relevan dengan posisi Anda

Untuk informasi Lowongan kerja sekitar kota Bertuah, silahkan klik lowongan kerja teknik elektro Pekanbaru.

Perlu diingat, atasan langsung Anda adalah orang yang akan menentukan nasib Anda. Seperti yang diketahui, sebagai karyawan baru akan menjalani masa percobaan umumnya selama setahun.

Oleh karenanya, dengan segera menemui atasan, Anda secara tak langsung menunjukkan sikap siap bekerja sama dengannya untuk mencapati unit sasaran kerja.

2. Menemui Manajer Departemen
Jika Anda bekerja dalam sub departemen, maka mintalah pada atasan untuk memperkenalkan Anda dengan Manajer Departemen.

Seandainya atasan baru Anda orang yang sibuk, mintalah alamat manajer Departemen tersebut sehingga Anda dapat menemuinya langsung sendiri.

Seperti halnya menemui atasan, dengan menemui Manajer Departemen, Anda dapat bersilaturahmi secara langsung dan menunjukkan sikap siap bekerja untuk mencapai target departemen tersebut.

3. Memperkenalkan diri ke teman-teman baru
Setelah bertemu dengan para bos baru, temuilah teman-teman kerja yang baru Anda. Kenalkan diri Anda dengan ramah. Seperti Anda bisa memperkenalkan daerah asal, latar belakangan pendidikan, pengalama dan status Anda.

Jangan khawatir dengan tanggapan teman baru Anda, karena mereka akan merespon baik jika Anda memperkenalkan diri dengan baik-baik.

Bila diperlukan, tukaran nomor hape atau foto bersama guna meningkatkan keakraban. Hal ini penting karena dapat mempererat silaturahmi Anda dengan mereka.

Sumber: www.tunakarya.com