Panduan Tepat Menampilkan Gaya Rustic Pada Desain Interior Rumah

Gaya rustic muncul pada abad 18, tepatnya pada era bangsa Romawi sampai Reinesance. Gaya rustic merujuk pada desain interior rumah yang alami dan belum di finishing dengan sempurna. Kata rustic sendiri memiliki arti terlihat tua, lusuh, dan nampak kasar. Namun desain rumah dengan gaya rustic tetap banyak diminati hingga saat ini.

Sebenarnya jasa desain interior bergaya rustic sudah ada sejak lama di Indonesia. Hal ini terlihat pada rumah-rumah tradisional yang menampilkan dinding bata, material kayu, dan perabot etnik. Nah apakah Anda minat untuk meampilkan gaya rustic di rumah? Berikut panduan tepat menampilkan gaya rustic pada desain interior rumah.

  1. Material utama

Mayoritas material yang digunakan untuk rumah bergaya rustic adalah kayu, bebatuan, dan logam. Material kayu bisa diaplikasikan pada lantai, perabot, kitchen set, hingga langit-langit. Pilih kayu yang berwarna agak gelap dan bertekstur agak kasar. Kemudian desain dinding rumah dengan bebatuan seperti batu bata atau batu alami lainnya. Namun jangan dilapisi semen atau difinishing.

  1. Perabot etnik

Gunakan desain perabot yang kental akan etnik dan tradisional. Seperti misalnya lemari, meja, dan kursi berbahan kayu pada era tahun 70an. Tambahkan pula hiasan klasik atau vintage, seperti lukisan, vas bunga, dan lain sebagainya.

  1. Pilihan warna

Gaya rustic memakai warna-warna yang terkesan alami dan netral, seperti warna kayu, tanah, bisa juga dipadukan warna monokrom. Jangan pilih warna yang mencolok, pastel, atau warna terang lainnya. Hal ini bisa mengurangi kesan gaya rustic pada ruangan.

  1. Kombinasikan dengan desain modern

Gaya rustic tetap bisa dikombinasikan dengan desain modern. Cara mengkombinasikannya cukup mudah, seperti menambah lampu gantung berbahan logam, dinding keramik pada dapur, dan perabot lain berbahan logam.

Kunci utama gaya rustic adalah material yang tidak difinishing. Sehingga sebaiknya kita tetap membiarkan interior yang tidak diaci semen, kasar, dan terekspos. Nah kini kita bisa menerapkan gaya rustic dengan tepat untuk hunian. Sekian panduan tepat menampilkan gaya rustic pada desain interior rumah kali ini.